@thesis{thesis, author={Eka Meyla and Tri }, title ={PERBEDAAN HASIL BELAJAR BIOLOGI MENGGUNAKAN METODE PROBLEM SOLVING DENGAN METODE KONVENSIONAL PADA MATERI POKOKBIOLOGI SEBAGAI ILMU DI KELAS X MAS AL-WASLIYAH LUBUK PAKAM TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10461/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa menggunakan metode problem solving dengan metode konvensional pada materi pokok biologi sebagai ilmu di kelas X MAS Al-Wasliyah Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MAS Al-Wasliyah Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2012/2013 sebanyak 3 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 1 kelas yang ditentukan secara acak sederhana (random sampling). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar biologi pada materi pokok biologi sebagai ilmu sebanyak 25 soal yang telah dinyatakan valid. Penilaian hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan skala 0-100.Hasil penelitian diperoleh: 1) hasil belajar biologi siswa kelas eksperimen setelah diajarkan dengan metode problem solving pada materi pokok biologi sebagai ilmu di kelas X MAS Al-Wasliyah Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2012/2013 diperoleh rata-rata sebesar 83,80 dengan standar deviasi 6,59; dan 2) ada perbedaan hasil belajar biologi siswa menggunakan metode problem solving dengan metode konvensional pada materi pokok biologi sebagai ilmu di kelas X MAS Al-Wasliyah Lubuk Pakam Tahun Pembelajaran 2012/2013 (thitung > ttabel yaitu 2,265 > 2,00). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru biologi untuk dapat menerapkan metode problem solving dalam mengajarkan materi-materi biologi.} }