@thesis{thesis, author={Marham and Yessica Rizki }, title ={PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASANLAJU REAKSI}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10485/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran TGT dengan media berbasis komputer lebih tinggi daripada peningkatan hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran TGT tanpa media berbasis komputer, dan untuk mengetahui persen (%) efektivitas pembelajaran model TGT yang diintegrasikan dengan media berbasis komputer dalam meningkatkan hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan laju reaksi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPA SMA Swasta Dharmawangsa Medan yang berjumlah 9 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid, dan reliabel. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata gain kelas eksperimen 1 yaitu 0,735 dan rata-rata gain kelas eksperimen 2 adalah 0,613. Pengolahan data menunjukkan bahwa Ha diterima yaitu Pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) yang diintegrasikan dengan media berbasis komputer memberikan hasil belajar yang lebih baik daripada pembelajaran kooperatif model Teams Games Tournament (TGT) tanpa media berbasis komputer. Peningkatan hasil belajar pada kelas TGT dengan media berbasis komputer sebesar 73,5% dan pada kelas Teams Games Tournament sebesar 61,3% dengan persen efektivitas pembelajaran sebesar 16,59 %.} }