@thesis{thesis, author={Jamalum and Rany Hilvia }, title ={PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DENGAN MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI DI KELAS XI SMA RK SERDANG MURNI LUBUK PAKAM T.A. 2012/20}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10499/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode brainstorming pada pendekatan konstruktivisme terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan laju reaksi XI IPA SMA SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam T.A. 2012/2013. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam. Sampel penelitian sebanyak 2 (dua) kelas XI IPA sebagai kelas eksperimen 1 dan eksperimen 2. Kelas eksperimen 1 diajar dengan pendekatan konstruktivisme menggunakan metode brainstorming dan kelas eksperimen 2 diajar dengan pendekatan konstruktivisme tanpa menggunakan metode brainstorming. Uji peningkatan hasil belajar dari masing} }