@thesis{thesis, author={Katrina and Selpita Sari }, title ={UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DI KELAS VII SMP NEGERI 2 PANCUR BATU T.A. 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10515/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi pokok bilangan pecahan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC di kelas VII SMP Negeri 2 Pancurbatu T.A. 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK ) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I terdiri dari 2 pertemuan dan pada siklus II terdiri dari 1 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 2 Pancurbatu T.A.2012/2013 yang berjumlah 40 orang. Objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC pada materi pokok bilangan pecahan. Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah yang berbentuk uraian yakni tes awal sebanyak 3 soal, tes kemampuan pemecahan masalah siklus I sebanyak 4 soal dan tes kemampuan pemecahan masalah siklus II sebanyak 4 soal. (1) Tes awal diperoleh persentase ketuntasan klasikal sebesar 5% dengan rata} }