@thesis{thesis, author={ }, title ={PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DIBANDINGKAN NUMBERED HEAD TOGETHER DENGAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER DALAM UPAYA MENINGKATKAN RASA TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN KOLOID DI SMAN 1 BATANG KUIS}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10516/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rasa tanggung jawab dan hasil belajar kimia siswa yang diajarkan dengan Strategi Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dibandingkan Numbered Head Together (NHT) dengan media berbasis komputer serta untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara tanggung jawab dan hasil belajar pada pokok bahasan koloid. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IA SMA Negeri 1 Batang Kuis yang berjumlah 2 kelas dan setiap kelas terdiri dari 40 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 25 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel serta lembar observasi tanggung jawab. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (sig. 0,000<0,05) yaitu terdapat perbedaan yang signifikan rasa tanggung jawab siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran CTL dengan media berbasis komputer dibandingkan dengan yang diajar dengan kooperatif tipe NHT dengan media berbasis komputer, terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan strategi pembelajaran CTL dengan media berbasis komputer dibandingkan dengan yang diajar dengan kooperatif tipe NHT dengan media berbasis komputer, dan terdapat hubungan yang signifikan antara rasa tanggung jawab terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada kedua kelas. Peningkatan hasil belajar pada kelas yang diajar dengan CTL sebesar 48,13% dan peningkatan hasil belajar pada kelas yang diajar dengan NHT sebesar 28,58%.} }