@thesis{thesis, author={M.M. and Salamah }, title ={PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MACRO FLASH (MACROMEDIA FLASH) DAN MEDIA KOMIK BERBASIS KOMPUTER PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM DI KELAS X SMA}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10535/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media Macro Flash (Macromedia Flash) dengan media Komik berbasis Komputer dan untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media Macro Flash (Macromedia Flash) dan siswa yang diajar menggunakan media Komik berbasis Komputer pada pokok bahasan Struktur Atom dikelas X. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Binjai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 6 Binjai yang berjumlah 6 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas diambil secara random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan Valid, dan Reliabel. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata gain kelas eksperimen I siswa yang diajar dengan menggunakan media Macro Flash (Macromedia Flash) sebesar 0,71 dan rata-rata gain kelas eksperimen II siswa yang diajar dengan menggunakan media Komik berbasis Komputer sebesar 0,497. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa Ha diterima yaitu Ada Perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media Macro Flash (Macromedia Flash) dengan media komik berbasis Komputer. Peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen I siswa diajar dengan menggunakan media Macro Flash (Macromedia Flash) sebesar 71% dan pada kelas ekperimen II siswa diajar dengan menggunakan media Komik berbasis Komputer sebesar 49,7 %.} }