@thesis{thesis, author={Asrin and Helda Florent }, title ={UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERFIKIR (SPPKB) PADA MATERI POKOK BILANGAN PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI 2 AIR PUTIH KABUPATEN BATU BARA T.A 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10563/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 2 Air Putih melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir ( SPPKB ) Pada materi pokok bilangan pecahan di kelas VII-1 SMP Negeri 2 Air Putih Kabupaten Baru Bara T. A 2012/2013 . Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas VII-1 SMP Negeri 2 Air Putih dan objek penelitian ini adalah menggunakan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir ( SPPKB ) Pada materi pokok bilangan pecahan Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah tes dan lembar observasi. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir ( SPPKB ) Pada materi pokok bilangan pecahan dan lembar observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir ( SPPKB ) Pada materi pokok bilangan pecahan diterapkan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dibagi atas 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, terlebih dahulu diberikan tes awal dan setiap akhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan hasil tes awal. Banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar dari tes awal yaitu 11 dari 36 siswa atau 30,5 % dengan rata-rata kelas 54,61%. Hasil analisis data pada siklus I setelah dilakukan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir ( SPPKB ) Pada materi pokok bilangan pecahan menunjukkan banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 21 dari 36 siswa atau 58,3 % dengan rata-rata kelas 66,11. Hasil analisis data akhir siklus II dengan pembelajaran yang sama diperoleh banyak siswa yang mencapai ketuntasan belajar yaitu 32 dari 4 siswa atau 88,9 % dengan rata-rata kelas 73,20 Ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I hingga siklus II. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar klasikal maka pembelajaran ini telah mencapai target ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir ( SPPKB ) Pada materi pokok bilangan pecahan meningkat. Saran yang diajukan yaitu guru dapat menerapkan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir ( SPPKB ) sebagai alternatif dalam pembelajaran yang bertujuan untuk lebih melatih siswa dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa} }