@thesis{thesis, author={J. and Natalia Boang }, title ={PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PROBLEM BASED INSTRUCTION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DI KELAS VII SMP NEGERI 1 KERAJAAN TAHUN AJARAN 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10587/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan menerapkan model pembelajaran berdasarkan masalah(Problem Based Instruction) pada materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linier Satu Variabel. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Kerajaan yang berjumlah 29 orang. Sedangkan objek penelitian adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah dengan menerapkan model Problem Based Instruction pada materi persamaan dan peridaksamaan linier satu variabel. Sebelum pelaksanaan tindakan, terlebih dahulu dirancang perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian yang terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar aktivitas siswa(LAS), lembar observasi dan tes kemampuan pemecahan masalah yang telah divalidkan.Hasil analisis data pada siklus I adalah terdapat 4 orang siswa (13,8%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar ( yang dapat nilai ) sedangkan 25 orang siswa (86,2%) belum mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata semua siswa 46,1, dan kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 2,4 dengan kategori cukup. Dari hasil siklus I menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa masih sangat rendah, sehingga dilanjutkan ke siklus II. Hasil analisis data pada siklus II adalah terdapat 25 orang siswa (86,2%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 4 orang siswa (13,8%) belum tuntas, dengan nilai rata-rata semua siswa 67,9, dan kemampuan guru mengelola pembelajaran adalah 3,2 dengan kategori baik.Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Instruction) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, dan proses pembelajaran yang dilakukan berlangsung dengan baik. Berdasarkan kesimpulan ini diharapkan temuan penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah (Problem Based Instruction). Bagi guru matematika disarankan untuk menerapkan model problem based Instruction dalam proses pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa.} }