@thesis{thesis, author={Fitriana and M. }, title ={UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DI KELAS VIII SMP SWASTA HARAPAN STABAT TAHUN AJARAN 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10603/}, abstract={Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan apa saja yang dialami siswa kelas VIII SMP Swasta Harapan Stabat dalam memahami teorema pythagoras pada saat proses pembelajaran dan untuk mengetahui upaya apa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan teorema pythagoras SMP Swasta Harapan Stabat melalui model pembelajaran Quantum Teaching.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Harapan Stabat Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 39 orang. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar. Untuk memperolah data dalam penelitian ini digunakan Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk uraian. Tes Hasil Belajar I berjumlah 5 soal dan Tes Hasil Belajar II berjumlah 5 soal. Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : (1) Tes hasil belajar I di siklus I diperoleh 21 orang (53,85%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar (yang mendapat nilai minimal 65) dan 18 orang (46,15%) yang belum mencapai ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 65,64 . (2) Tes hasil belajar II di siklus II diperoleh 34 orang (87,18%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 5 orang (12,82%) belum mencapai ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 77,56. Maka terjadi peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I dan siklus II sebesar 33,33% dan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 11,92. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa upaya pembelajaran pada pokok bahasan teorema pythagoras dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa.} }