@thesis{thesis, author={Banjarnahor and Dian Novita Sari }, title ={UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN HIMPUNAN DENGAN MENERAPKAN MODEL QUANTUM TEACHING PADA SISWA KELAS VII-1 SMP BRIGJEND KATAMSO SUNGGAL TAHUN AJARAN 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10617/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran menggunakan model Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal – soal Himpunan di Kelas VII-1 SMP Amir Hamzah Medan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VII-1 di SMP Amir Hamzah Medan tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Quantum Teaching pada materi Himpunan di kelas VII SMP Amir Hamzah Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Prosedur dalam penelitian ini dimulai dari pelaksanaan siklus I dan dilanjutkan dengan siklus II di kelas VII-1 untuk melihat peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi Himpunan. Berdasarkan hasil analisis data pada Siklus I sebanyak 30 orang siswa, terdapat 15 siswa (50 %) telah mencapai ketuntasan belajar individu, dan 15 siswa (50%) yang masih memiliki ketuntasan belajar individu dengan nilai rata-rata seluruh siswa 64,81 pada tes hasil belajar I. Berdasarkan hasil perhitungan dari 30 orang siswa terdapat 4 siswa (13.3%) memiliki motivasi yang baik, sedangkan 26 siswa (86.6%) motivasi belajarnya masih dibawah kategori baik. Dan hasil analisis data pada Siklus II di kelas sebanyak 30 orang siswa, 26 siswa (86,67%) telah mencapai ketuntasan belajar individu, dan 4 siswa (13,33%) masih memiliki ketuntasan belajar individu dengan nilai rata-rata seluruh siswa 80,41. Pada siklus II ini ketuntasan belajar klasikal sudah tercapai karena 86,67% siswa telah mencapai ketuntasan belajar individu, sehingga pembelajaran tidak dilanjutkan lagi ke siklus III. Berdasarkan hasil perhitungan dari 30 orang siswa terdapat 26 siswa (86.67%) memiliki motivasi yang baik dan sangat baik, sedangkan 4 siswa (13.3%) motivasi belajarnya dibawah kategori baik Karena telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal, individu dan terjadi peningkatan rata – rata siswa pada siklus I dan siklus II, maka dari tindakan dan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII-1 SMP Amir Hamzah Medan.} }