@thesis{thesis, author={ and Yosie Lia }, title ={PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWAPADA MATERI PELUANG DI KELASIX SMP NEGERI 31 MEDANT. A. 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10661/}, abstract={Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dibagi dalam dua siklus, siklus I terdiri dari 3 kali pertemuan dan siklus II terdiri dari 2 kali pertemuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi penerapan Pembelajaran Matematika Realistik pada materi peluang, untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa dengan penerapan Pembelajaran Matematika Realistik, dan untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep siswa pada materi peluang dengan menerapkan Pembelajaran Matematika Realistik di kelas IX SMP Negeri 31Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-2 SMP Negeri 31 Medan Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 37 orang siswa. Objek dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Lembar observasi digunakan untuk melihat proses pembelajaran dan aktivitas siswa selama proses belajar mengajar dengan menerapkan Pembelajaran Matematika Realistik. Tes pemahaman konsep digunakan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa setelah diterapkan Pembelajaran Matematika Realistik.Dari hasil penelitian diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil observasi pembelajaran untuk peneliti pada siklus I adalah 2,48 dengan kategori baik sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil observasi pembelajaran adalah 3,05 dengan kategori baik. Nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I adalah 2,21 dengan kategori baik sedangkan pada siklus II nilai rata-ratanya 3,32 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tes diagnostik diperoleh tingkat penguasaan rata-rata siswa 48,61% dengan kategori sangat rendah dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal (≥65) adalah 5,56% dan nilai rata-rata kelas 48,61. Setelah pemberian tindakan I (siklus I) diperoleh tingkat penguasaan rata-rata siswa 59,88% dengan kategori rendah dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal (≥65) adalah 64,86% dan nilai rata-rata kelas 59,88. Setelah pemberian tindakan II (siklus II) diperoleh tingkat penguasaan rata-rata siswa 78,29 dengan kategori sedang dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal (≥65) adalah 86,49% dan nilai rata-rata kelas 78,29. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran Matematika Reaistik dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi peluang di kelas IX SMP Negeri 31 Medan T.A 2012/2013.} }