@thesis{thesis, author={ and Antonius KAP }, title ={UPAYA MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII PADA MATERI BILANGAN BULAT DENGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) DI SMP NEGERI 2 TANJUNG MORAWA T.A 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10716/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal-soal bilangan bulat dan untuk mengetahui apakah dengan pembelajaran realistik dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi bilangan bulat.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-I SMP Negeri 2 Tanjung Morawa yang berjumlah 36 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan pemecahan masalah matematika siswa pada materi bilangan bulat kelas VII-I SMP Negeri 2 Tanjung Morawa Tahun Ajaran 2012/2013. Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk uraian yang dilakukan sebanyak dua kali, observasi dan wawancara.Berdasarkan dari analisis data tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah pada siklus I adalah sedang dengan skor rata-rata kelas 71,58 dengan 27 siswa (75%) dari seluruh siswa belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Selanjutnya pelaksanaan tindakan pada siklus II, tingkat kemampuan siswa memecahkan masalah adalah tinggi dengan skor rata-rata kelas 82,47 dengan 35 siswa (97,22%) dari seluruh siswa. Dengan demikian dapat dikatakan kelas peneliti telah tuntas dalam belajar, terdapat ≥ 80% siswa yang memilliki tingkat kemampuan pemecahan masalah sedang. Berdasarkan hasil observasi pada setiap pertemuan, diperoleh nilai rata-rata pada kegiatan awal 3,25, kegiatan inti 3,37 dan kegiatan akhir 3,25 pengelolahan pemebelajaran yang dilaksanakan guru termasuk kategori cukup baik. Berdasarkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa terbukti adanya peningkatan, sehingga disarankan kepada guru matematika untuk dapat menerapkan pembelajaran matematika realistik dalam pembelajaran matematika khususnya materi bilangan bulat.} }