@thesis{thesis, author={Roland E. and Yasifati }, title ={UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA DENGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TTW PADA MATERI SPLDV SISWA KELAS VIII SMP SWASTA METHODIST 8 MEDAN T.A. 2013/2014}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10728/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa kelas VIII SMP Swasta Methodist 8 Medan dengan menerapkan strategi pembelajaran think-talk-write(TTW) pada materi SPLDV. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII-2 SMP Swasta Methodist 8 Medan Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 30 orang. Objek dari penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematik siswa melalui strategi pembelajaran think-tal-write(TTW) pada materi SPLDV. Jenis penelitian ini adalah penelitiantindakan kelas. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah teskemampuan komunikasi matematik, lembar observasi, dan wawancara. Penelitianini terdiri dari 2 siklus dan di akhir setiap siklus diberikan tes kemampuankomunikasi matematik. Sebelum diberikan, tes terlebih dahulu divalidkan kevalidator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan strategi TTWpada materi SPLDV dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa. Hal ini dilihat dari hasil sebelum tindakan diberikan, pada pemberian tesawal dari 30 siswa hanya sebanyak 10 siswa (33,33%) yang mencapai nilai 65dengan nilai rata-rata kelas 50. Setelah diberi tindakan, Tes KemampuanKomunikasi Matematik I pada siklus I, dari 30 siswa sebanyak 19 siswa (63,33%)mencapai nilai  65 dengan nilai rata-rata kelas 65,62. Dari analisis data TesKemampuan Komunikasi Matematik II pada siklus II diperoleh bahwa dari 30siswa terdapat 27 siswa (90%) yang mencapai nilai  65 dengan nilai rata-rata kelas 78,12. Dari hasil wawancara dan lembar jawaban siswa pada setiap tes, diperoleh bahwa kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal SPLDV dan jumlah siswa yang mengalami kesulitan telah berkurang. Berdasarkan hasil observasi, pengelolaan pembelajaran yang dilaksanakan peneliti pada siklus I, termasuk kategori baik dengan skor 3,03. Akan tetapi pada siklus II, tingkat kemampuan peneliti mengelola pembelajaran termasuk kategorisangat baik dengan skor 3,30. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan strategi pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan komunikasi matematik siswa pada materi SPLDV.} }