@thesis{thesis, author={Ardianto Pandapotan and M }, title ={UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) PADA POKOK BAHASAN DIMENSI TIGA DI KELAS X SMA NEGERI 1 PERBAUNGAN TAHUN AJARAN 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10734/}, abstract={Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi penerapan model siklus belajar dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dan juga untuk mengetahui bagaimana peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran siklus (Learning Cycle) pada materi dimensi tiga di kelas X SMA Negeri 1 Perbaungan T.A 2012/2013.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Perbaungan T.A 2012/2013 yang berjumlah 40 orang dan objek dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi dimensi tiga dengan menggunakan model pembelajaran siklus (Learning Cycle). Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi dan Tes.Dari hasil analisis data diperoleh peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 20% dari 57,5% di siklus I menjadi 77,5% di siklus II dimana pada siklus I, jumlah siswa yang aktivitas belajarnya dalam kategori aktif ada sebanyak 23 orang sedangkan pada siklus II, jumlah siswa yang aktivitas belajarnya dalam kategori aktif ada sebanyak 31 orang. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, dapat dilihat dari adanya peningkatan persentase ketuntasan klasikal sebesar 32,5% dari 55% di siklus I menjadi 87,5% di siklus II dan peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 8,125 dari 63,5 di siklus I menjadi 71,625 di siklus II.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran siklus (Learning Cycle) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi dimensi tiga di kelas X SMA Negeri 1 Perbaungan T.A 2012/2013. Saran yang dapat diajukan dari penelitian ini adalah sebaiknya guru menggunakan model pembelajaran siklus (Learning Cycle) dalam pembelajaran matematika agar pembelajaran lebih bervariasi dan sebagai alternative untuk dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.} }