@thesis{thesis, author={Betty M and Novi }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH PADA MATERI POKOK TEKANAN DI KELAS VIII SEMESTER II SMP PAB 2 HELVETIA MEDAN T.P. 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10764/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranberdasarkan masalah terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok tekanan dan untuk mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran denganmenggunakan pembelajaran berdasarkan masalah di kelas VIII semester II SMPPAB 2 Helvetia Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari 6 kelas.Yang menjadi sampel penelitian ada 2 kelas yang ditentukan dengan teknik clauster random sampling. Pada kelas VIII4 pembelajaran diajarkan dengan menggunakan pembelajaran berdasarkan masalah dan pada kelas VIII2 pembelajaran diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian adalah berupa tes yang berjumlah 20 item dalam bentuk pilihan ganda dengan 4 option dan lembar observasi yang digunakan untuk melihat aktivitas belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 40,38 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 36,79. Hasil uji hipotesis pada pretes diperoleh bahwa nilai kedua kelas tidak terdapat perbedaan yang signifikan artinya, kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen tersebut diperoleh nilai rata-rata aktivitas siswa pada pertemuan pertama 70 % (kategori cukup), pada pertemuan kedua 80% (kategori baik) dan pertemuan ketiga 85% (kategori sangat baik). Artinya terdapat peningkatan aktivitas belajar siswa dari pertemuan pertama sampai ketiga dengan menggunakan pembelajaran berdasarkan masalah dan diperoleh nilai rata-rata postes untuk kelas eksperimen 71,28 dengan standar deviasi 10,86. Sementara itu, nilai rata-rata postes kelas kontrol 64,74 dengan standar deviasi10,32. Hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan  = 0,05 untuk datapostes pada kedua kelas diperoleh bahwa thitung = 2,222 > t tabel = 1,663, makahipotesis akhir (Ha) diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan menggunakanpembelajaran berdasarkan masalah terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok tekanan di kelas VIII semester II SMP PAB 2 Helvetia Medan.} }