@thesis{thesis, author={Maria Firma S. and Rita }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 8 MEDAN T.P. 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10766/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa kelas X Semester II pada materi pokok Listrik Dinamis di SMA N 8 Medan T.P 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA N 8 Medan yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 309 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas X-4 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 orang dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang telah divalidasi dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 34,71 dengan standar deviasi 11,34, dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 34,03 dengan standar deviasi 12,47. Hasil uji t dua pihak dengan dk = 68 dan  = 0,05, diperoleh thitung = 0,014 dan ttabel = 1,998 sehingga thitung < ttabel maka Ho diterima, dengan demikian diperoleh bahwa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Setelah pembelajaran selesai, dilakukan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 73,38 dengan standar deviasi 10,64 dan kelas kontrol 63,61 dengan standar deviasi 10,73. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 72,75 termasuk kategori aktif. Hasil uji t satu pihak dengan dk = 68 dan  = 0,05, diperoleh thitung = 3,801 dan ttabel = 1,669 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 8 Medan T.P 2012/2013.} }