@thesis{thesis, author={Helastrin and Sehat }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.P. 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10768/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarankooperatif tipe Numbered Heads Together terhadap hasil belajar siswa padamateri pokok Listrik Dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 1 Percut SeiTuan T.P. 2012/2013 Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan control group pretespostes design. Populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini ada 2, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 20 soalyang divalidasi oleh ahli dan lembar observasi aktifitas belajar siswa. Data hasil belajar ini diuji prasyarat dengan uji normalitas dan homogenitas kemudian diuji hipotesis dengan uji t. Dari hasil penelitian, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 28,61 dan kelas kontrol 28,24. Untuk data pretes, pada pengujian normalitas di kelas eksperimen dengan Lhitung=0,1289 dan Ltabel = 0,1477; kelas kontrol dengan Lhitung=0,1125 dan Ltabel=0,1457, diperoleh Lhitung