@thesis{thesis, author={Meida and Tuti }, title ={PERBEDAAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE DUA TINGGAL DUA TAMU (TWO STAY TWO STRAY) DAN MODEL KONVENSIONAL PADA MATERI SISTEM INDRA DI KELAS XI IPA SMA DHARMAWANGSA MEDAN T.P. 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10787/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan aktivitas dan hasilbelajar siswa dengan model kooperatif tipe dua tinggal dua tamu (Two Stay TwoStray) dan model konvensional pada materi sistem indra di kelas XI IPA SMADharmawangsa Medan T.P 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitianeksperimen dengan desain pretest and postest group. Populasi dalam penelitianini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Dharmawangsa Medan yang berjumlah sembilan kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknikpurposive sampling, diambil dua kelas sebagai sampel. Kelas XI IPA 1 denganjumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen I, diajarkan dengan model kooperatifTwo Stay Two Stray dan kelas XI IPA 2 dengan jumlah 42 siswa sebagai kelaseksperimen II, diajarkan dengan menggunakan model konvensional. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata nilai postes untuk kelas yangdikenakan model kooperatif Two Stay Two Stray lebih tinggi yakni 74,17 dibandingkan dengan kelas yang dikenakan model konvensional yakni 70,08.Rata-rata nilai aktivitas siswa yang diajar dengan model kooperatif Two Stay Two Stray lebih tinggi yakni 82,71 dibandingkan dengan kelas yang dikenakan model konvensional yakni 65,48. Berarti ada perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model kooperatif Two Stay Two Stray danmenggunakan model konvensional pada materi sistem indra di kelas XI IPA SMADharmawangsa Medan T.P 2012/2013.} }