@thesis{thesis, author={Etri and Mariati P. }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER II SMAN 1 PERCUT SEI TUAN T.P. 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10791/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui bagaimana aktivitas siswaselama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inquirytraining. 2) Mengetahui pengaruh model pembelajaran Konvensional terhadaphasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis. 3) Mengetahui pengaruhmodel pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materipokok Listrik Dinamis. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Two group pretest-posttest desaign. Populasi seluruh siswa kelas kelas X SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 9 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas ekperimen denganmenerapkan model pembelajaran inquiry training dan kelas kontrol denganpenerapan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option.Berdasarkan hasil pengamatan, aktivitas siswa kelas eksperimen 73,57(kategori aktif) dan kelas kontrol 45,09 (kategori cukup aktif). Hal inimenunjukkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran inquiry trainingdapat lebih meningkatkan aktivitas belajar siswa. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen 75,43 dan kelas kontrol 64,42. Hasil pengujian hipotesis (uji t) diperoleh hitung > ttabel yaitu 4,540 > 1,66 dengan α = 0,05. Hal ini berarti Ha diterima dengan kata lain ada pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan T.P. 2012/2013.} }