@thesis{thesis, author={Nova Rina Setia Sari and Sehat }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 2 SIDIKALANG T.P. 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10794/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray berbantuan Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 2 Sidikalang T.P. 2012/2013 Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian control group pretes ? postes. Populasi seluruh siswa kelas kelas X SMA Negeri 2 Sidikalang yang terdiri dari 8 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes yang berbentuk pilihan ganda untuk soal pretes dan postes yang dibuat sebanyak 20 soal dan terdiri dari 5 pilihan jawaban dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t), setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 38,38 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 38,63. Pada pengujian normalitas di kelas eksperimen dengan Lhitung=0,1143dan Ltabel = 0,1401, kelas kontrol dengan Lhitung=0,1288 dan Ltabel=0,1401, diperoleh Lhitung ttabel yaitu 3,19 > 1,667 pada taraf signifikansi ? = 0,05 dan dk = 78. Hal ini berarti Ha terima yang berarti ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray berbantuan Mind Mapping dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok listrik dinamis.} }