@thesis{thesis, author={Alkahfi Maas and Novalia P. }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 2 SIDIKALANG T.P. 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10795/}, abstract={Penelitian yang dilakukan di SMA N 2 Sidikalang merupakan penelitianquasi eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranKontekstual berbasis Mind mapping terhadap hasil belajar dan minat siswa serta mencari korelasi antara hasil belajar dan minat belajar siswa.Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X SMA N 2 Sidikalang yangterdiri dari 8 kelas dengan pengambilan sampel secara purpossive, kelas X-1sebagai kelas eksperimen dan kelas X-5 sebagai kelas kontrol. Dalam penelitianini instrumen yang digunakan adalah angket minat dan tes hasil belajar. Ujihipotesis dilakukan setelah dilakukan uji prasyarat, yaitu uji normalitas dan ujihomogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai pretes pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 37,67, sedangkan perolehan nilai pretes pada kelas control dengan nilai rata-rata 38,50. Setelah dilakukan tindakan maka diperoleh hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 82,17, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 61,83. Pengujian normalitas untuk data pretes kelas eksperimen diperoleh Lhitung=0,0996; kelas kontrol dengan Lhitung=0,1269 dan Ltabel=0,1401, sehingga diketahui Lhitung rtabel yaitu 0,786 > 0,312 berarti Ha diterima yaitu terdapat korelasi yang signifikan antara minat dan hasil belajar. Hasil uji t diperoleh thitung=-0,33 dan ttabel=1,994, sehingga −􀝐􀬵􀬿􀰭􀰮∝ < 􀝐 < 􀝐􀬵􀬿􀰭􀰮∝(--1,994<-0,33<1,994) maka H0 diterima. Dengan demikian kemampuan awal siswa padakedua kelas sama. Setelah diberikan perlakuan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 82,17 dengan Lo=0,1170 dan Ltabel=0,1401 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 61,83 dengan Lo=0,1136 dan Ltabel =0,1401 diperoleh Lottabel yaitu 8,96 > 1,667 pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 78. Hal ini berartiHa diterima yaitu ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaranKontekstual berbasis Mind Mapping dengan model pembelajaran konvensionalterhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis .} }