@thesis{thesis, author={Jenopa and Mara Bangun }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 HABINSARAN T.P. 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10796/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajarankooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Peta Konsep terhadap hasil belajar kognitif dan aktivitas siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 1 Habinsaran T.P. 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Habinsaran terdiri dari 6 kelas berjumlah 232 orang. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster randomsampling, yaitu Kelas X-2 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32orang dan kelas X-1 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 40 orang.Instrumen yang digunakan ada 2, yaitu tes hasil belajar dan lembar observasiaktifitas belajar siswa.Tes hasil belajar dibuat dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 20 soal. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 45,00 dengan standar deviasi 11,57 dan nilai rata-rata kelas kontrol 45,13 dengan standar deviasi 13,47. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data, kedua data berdistribusi normal dan berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t pretes untuk α = 0,05 dan dk= 70, diperoleh thitung < ttabel, maka Ho diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dan kelas kontrol dengan modelpembelajaran langsung. Setelah pembelajaran selesai, dilakukan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 74,06 dengan standar deviasi 9,11 dan kelas kontrol 63,13 dengan standar deviasi 10,97. Rata-rata keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 72,60 termasuk kategori aktif. Hasil uji t postes untuk α=0,05 dan dk=70, diperoleh thitung = 4,55 dan ttabel = 1,669, sehingga thitung> ttabel, maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada pengaruh yang signifikan terhadaphasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipeNumbered Heads Together (NHT) pada materi pokok Listrik Dinamis di KelasX Semester II SMA N 1 Habinsaran T.P. 2012/2013.} }