@thesis{thesis, author={Nila and Pintor }, title ={PENERAPAN TEORI MOTIVASI KOMPETENSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIF LEARNING TIPE TEAMS GAMES TORUNAMENT PADA MATERI LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN T.A. 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10797/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Cooperatif Learning Tipe TGT dengan penerapan teori motivasi kompetensi pada materi Listrik Dinamis di kelas X SMA Negeri 1 Panyabungan TA. 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 1 Panyabungan yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas secara acak yaitu kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 40 orang dan kelas kontrol berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan penerapan teori motivasi kompetensi melalui model pembelajaran cooperatif learning tipe TGT dan kelas kontrol dengan model pembelajaran TGT. Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 52,5 dengan standar deviasi 13,0 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 53,3 dengan standar deviasi 13,6. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung < ttabel (1,095 < 1,705), maka Ho diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Kemudian diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dengan penerapan teori motivasi kompetensi melalui model pembelajaran cooperatif learning tipe TGT dan kelas kontrol dengan model pembelajaran TGT. Selama proses pembelajaran, nilai rata-rata aktivitas belajar siswa adalah 73,94 dengan kategori nilai B. Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 73,6 dengan standar deviasi 10,3 dan kelas kontrol 60,8 dengan standar deviasi 12,9. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data postes diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 4,91 dan ttabel = 1,994, sehingga thitung > ttabel (4,91 > 1,994) maka Haditerima yakni ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan melalui model pembelajaran cooperatif learning tipe TGT dengan teori motivasi kompetensi pada materi listrik dinamis.} }