@thesis{thesis, author={Ani and Surya Ana }, title ={PENGARUH PENERAPAN GENIUS LEARNING STRATEGY (GLS) BERBANTUAN MEDIA KARTU KERJA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X MAN 3 MEDAN}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10826/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kimia siswa dengan pembelajaran Genius Learning Strategy berbantuan media kartu kerja lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional berbantuan media kartu kerja. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN 3 Medan yang berjumlah 8 kelas dan setiap kelas rata-rata terdiri dari 32 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil dengan teknik sampling purposif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 18 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kimia siswa yang diajar dengan menerapkan Genius Learning Strategy berbantuan media kartu kerja memberikan hasil yang lebih tinggi (84,6 + 8,63), daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional berbantuan media kartu kerja (68,6 + 12,16). Peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan menerapkan Genius Learning Strategy berbantuan media kartu kerja memberikan hasil sebesar 80,12% sedangkan peningkatan hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional berbantuan media kartu kerja sebesar 55,42%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar kimia dengan pembelajaran Genius Learning Strategy berbantuan media kartu kerja lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional berbantuan media kartu kerja.} }