@thesis{thesis, author={Jonny Haratua and Juniati }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTU PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 SUMBUL T.P. 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10842/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI Berbantu peta konsep tehadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester II SMAN 1 Sumbul T.P. 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMAN 1 Sumbul yang terdiri dari 7 kelas dengan jumlah keseluruhan siswa 276 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 7 kelas secara acak yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 40 orang dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang telah divalidasi dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal yang terdiri dari 5 pilihan jawaban dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 37,25 dengan standar deviasi 7,07 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 36,63 dengan standar deviasi 7,44. Hasil uji t dua pihak dengan dk = 78 dan  = 0,05, diperoleh thitung = 0,369 dan ttabel = 1,991 sehingga thitung < ttabel maka Ho diterima, dengan demikian diperoleh bahwa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran koperatif tipe GI Berbantu Peta Konsep dan kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung. Setelah pembelajaran selesai, dilakukan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 72,50 dengan standar deviasi 12,1 dan kelas kontrol 60,63 dengan standar deviasi 11,00. sehingga dapat dihitung persentase peningkatan hasil belajar mencapai 15,23%. Rata-rata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa adalah 71,66 termasuk kategori (cukup baik). Hasil uji t satu pihak dengan dk = 68 dan  = 0,05 diperoleh thitung = 4,479 dan ttabel = 1,666 sehingga thitung > ttabel maka Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe GI berbantu peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester II SMAN 1 Sumbul T.P. 2012/2013.} }