@thesis{thesis, author={Rizki and Togi }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 1 SIPISPIS T.P. 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10888/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Cahaya di kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Sipispis T.P. 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kecamatan Sipispis T.A 2012/2013 yang terdiri dari 3 kelas berjumlah 90 orang. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan cluster random sampling, yaitu kleas VIII-A yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Problem Solving dan kelas VIII-C yang terdiri dari 30 siswa sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran komvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban yang telah dinyatakan valid oleh dua dosen dan 1 guru bidang studi. Instrumen yang kedua berupa lembar observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis dilakukan dengan dua cara yaitu uji t dua pihak untuk nilai pretes dan uji t satu pihak untuk nilai postes.Dari analisa data diperoleh skor rata-rata pretes kelas eksperimen 34,83 pada kelas kontrol sebesar 33,83. Kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 73,83 dan 64,00. Uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung = 5,64 dan nilai ttabel = 1,67, dimana thitung > ttabel sehingga Ho ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Cahaya di kelas VIII Semester II SMP Negeri 1 Sipispis T. P. 2012/2013.} }