@thesis{thesis, author={Ida and Julianti }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PERBAUNGAN T.P. 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10905/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh ModelPembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir Terhadap Hasil Belajar SiswaPada Materi Pokok Listrik Dinamis di Kelas X Semester II SMA Negeri 1Perbaungan T.P. 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Perbaungan T.P. 2012/2013, yang terdiri dari 8 kelas. Sampel dari penelitian initerdiri dari 2 kelas di mana satu kelas terdiri dari 32 orang siswa. Alat yangdigunakan untuk mengumpulkan data adalah tes yang berbentuk pilihan ganda untuk soal pre-test dan post-test. Tes yang dibuat sebanyak 20 soal dan terdiri dari 5 pilihan jawaban. Salah satu pilihan merupakan kunci jawaban dan 4 pilihan yang lain sebagai pengecoh. Semua soal dalam penelitian ini diambil dari buku Fisika SMA kelas X disesuaikan dengan kompetensi dan indikator. Instrumendigunakan dalam penelitian ini sebelumnya telah diuji kevalidannya oleh tiga orang validator dan telah diuji coba di SMA Sw. Setia Budi Abadi Perbaungan. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t), setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pre-testadalah 36,87 dan nilai rata-rata post-test adalah 74,06. Nilai rata-rata pre-test pada kelas kontrol adalah 35,46 dan nilai rat-rata post-test adalah 67,65. data kedua kelompok kelas berdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hasil pengujian hipotesis post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan uji t satu pihak diperoleh thitung = 2,7686 dan ttabel = 1,659 (α =0,05). Hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel pada taraf signifikan 95% dan derajat kebebasan (dk) = 62, ini berarti nilai post-test pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh Model Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir terhadap hasil belajar siswa.} }