@thesis{thesis, author={ and Juniar }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA KRAKATAU MEDAN T.P. 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10909/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Aktivitas siswa selamaProses Belajar Mengajar (PBM) dengan menggunakan Model PembelajaranKooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbantuan Peta Konsep dan Pembelajaran Konvensional pada materi Listrik Dinamis. 2) Hasil belajar siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation(GI) Berbantuan Peta Konsep dan Pembelajaran Konvensional pada materi Listrik Dinamis. 3) Pengaruh belajar siswa terhadap prestasinya dengan ModelPembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbantuan Peta Konsep pada materi Listrik Dinamis.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu (quasyeksperimen design). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMASwasta Krakatau Medan Semester II T.P. 2012/2013. Teknik penarikan sampeldengan Cluster Random sampling. Kelas X-2 sebagai kelas kontrol berjumlah 34orang diberi pembelajaran dengan mengunakan Model Pembelajaran KooperatifTipe Group Investigation (GI) Berbantuan Peta Konsep , dan kelas X-1 sebagaikelas Eksperimen berjumlah 32 orang diberikan dengan pembelajaran denganmenggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan meliputiSilabus,RPP,LKS,Tes Hasil belajar, dan Lembar Observasi Aktivitas. Bentuk tesPretes dan postes adalah bentuk pilihan berganda sebanyak 20 butir soal yangterdiri dari 5 option, sebelum tes digunakan sebelumnya ditinjau vaaiditas isi dengan 2 validator yaitu Dosen Fisika Unimed. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, rata-rata nilai Pretes kelas Kontrol (31,25) dan Kelas Eksperimen (34,25) setelah memenuhi Prasysrat Normalitas dan Homogenitas dianalisi menggunakan uji t dua pihak untuk α = 0,05 Disimpulkan bahwa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai kemampuan awal yang sama. Kemudian setelah diberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelas hasil rata-rata nilai postes kelas Kontrol (66,25) dan Kelas Eksperimen (73,52) setelah memenuhi Prasyarat Normalitas dan Homogenitas dianalisi menggunakan uji t satu pihak untuk α = 0,05 diperoleh bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan akibat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbantuan Peta Konsep pada materi Listrik Dinamis dikelas X semester II T.P 2012/2013.} }