@thesis{thesis, author={ and Sehat }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING DENGAN MENGGUNAKAN ALAT SEDERHANA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK CAHAYA KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 3 AIR PUTIH KAB. BATU BARAT.P 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10923/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modelpembelajaran inquiry training dengan menggunakan alat sederhana terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok cahaya kelas VIII semester II SMP Negeri 3 Air Putih Kab. Batu Bara T.P 2012/2013Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswakelas kelas VIII SMP Negeri 3 Air Putih Kab. Batu Bara yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu kelas VIII-4 dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training menggunakan alat sederhana dan kelas VIII-6 dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes yang berbentuk pilihan ganda untuk soal pre-test dan post-test yang dibuat sebanyak 12 soal dan terdiri dari 4 pilihan jawaban dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji beda (uji t), setelah uji prasyarat dilakukan, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 21,39 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 20,24. Untuk data pretes, pada pengujian normalitas di kelas eksperimen dengan Lhitung=0,12947 dan Ltabel =0,161; kelas kontrol dengan Lhitung=0,1664 dan Ltabel=0,168, diperoleh Lhitung ttabel yaitu 2,81 > 2,02pada taraf signifikansi α = 0,05 dan dk = 56. Hal ini berarti H0 ditolak dan Haditerima, demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaraninquiry training dengan menggunakan alat sederhana terhadap hasil belajar siswapada materi pokok cahaya kelas VIII semester II SMP Negeri 3 Air Putih Kab.Batu BaraT.P 2012/2013.} }