@thesis{thesis, author={Henok and Lamrobasa }, title ={PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XI PADA MATERI PERSAMAAN KEADAAN GAS IDEAL DI SMA N 1 PERCUT SEI TUAN T.P. 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/10925/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan modelpembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournaments) terhadap hasilbelajar kognitif dan aktivitas belajar siswa kelas XI Semester II pada materipokok Persamaan Keadaan Gas Ideal di SMA N 1 Percut Sei Tuan T.P. 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan dsain penelitian duagrup pretes dan postes. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XISemester II SMA N 1 Percut Sei Tuan yang terdiri dari 4 kelas berjumlah 160orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara acak (cluster randomsampling) dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas yaitu kelas XI IPA 2 sebagaikelas eksperimen dengan jumlah siswa 41 orang dan kelas XI IPA 3 sebagai kelaskontrol dengan jumlah siswa 39 orang. Instrumen yang digunakan ada 2 yaitu teshasil belajar dan lembar observasi. Tes hasil belajar dibuat dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 pilihan yang berjumlah 20 soal. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 40.1 dengan standar deviasi 14.64, dan nilai rata-rata kelas kontrol 39.36 denganstandar deviasi 14.66. Pada pengujian normalitas dan homogenitas data keduakelas berdistribusi normal berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t pretes untuk α = 0,05 dan dengan dk 78 diperoleh thitung = 0,15 dan ttabel = 1,997, thitung