@thesis{thesis, author={Dine Junetta and Jamalum }, title ={PERBEDAANHASIL BELAJAR SISWA YANG DIBELAJARKAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN NUMBER HEAD TOGETHER(NHT) PADA MATERI POKOK HIDROKARBON DI SMA NEGERI 6 BINJAI}, year={2014}, url={http://digilib.unimed.ac.id/11383/}, abstract={Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan kooperatif Team Games Tournament (TGT) dengan Number Head Together (NHT) pada materi hidrokarbon di SMA Negeri 6 Binjai pada kelas X semester genap tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian ini diambil secara random sampling yakni 2 kelas sebagai kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 25 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda soal. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas ekperimenImemiliki rata-rata nilai pre-test 40,067 danpost-tes77,867 dengan rata-rata gain sebesar 0,637. Sedangkan siswa pada kelas eksperimen II memiliki rata-rata nilai pre-test 32,133 dan pos-tes 61,2 dengan rata-rata gain sebesar 0,4259. Sedangkan persentase peningkatan hasil belajar kelas eksperimen I sebesar 63,70% dan pada kelas eksperimen II42,59%. Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 21,11%.Hasil uji statistik menggunakan uji t dua pihak menggunakan nilai rat-rata pot test diperoleh bahwa nilai thitung sebesar 7,310 sedangkan nilai ttabel sebesar 2,0021 pada taraf signifikan α = 0,05, sehingga thitung>ttabel. Hal tersebut menunjukkan terdapat perbandingan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan menggunakan model kooperatif Team Games Tournament (TGT) dengan Number Head Together (NHT) pada materi pokok hidrokarbon di kelas X SMA Negeri 6 Binjai.} }