@thesis{thesis, author={Eidi and Nenty }, title ={PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTU PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK TERMODINAMIKA DI KELAS XI SMAN 20 MEDAN T.P 2013/2014}, year={2014}, url={http://digilib.unimed.ac.id/11506/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran advance organizer berbantu peta konsep pada materi pokok termodinamika di kelas XI SMAN 20 Medan T.P 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pretest postest design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI Semester II SMAN 20 Medan yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 132 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 15 soal dengan 5 option jawaban yang telah valid dan lembar observasi untuk aktivitas siswa yang dilakukan oleh dua orang observer. Uji hipotesis menggunakan uji t satu pihak.Hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 36,16 dengan standar deviasi 8,17 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 33,13 dengan standar deviasi 9,64. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Sedangkan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 54,34 dengan standar deviasi 12,03 dan kelas kontrol 46,06 dengan standar deviasi 11,35. Rata-rata nilai aktivitas siswa selama menggunakan model pembelajaran advance organizer berbantu peta konsep pada pertemuan I adalah 47,88, rata-rata nilai aktivitas pada pertemuan II adalah 55,77, dan rata-rata nilai aktivitas pada pertemuan ketiga adalah 63,64. Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 2,875 dan ttabel = 1,669, sehingga thitung > ttabel (2,875 > 1,669) maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan demikian diperoleh ada perbedaan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran advance organizer berbantu peta konsep di SMAN 20 Medan T.P 2013/2014.} }