@thesis{thesis, author={Tumpal and Wesly }, title ={PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA PADA POKOK BAHASAN PERHITUNGAN KIMIA}, year={2014}, url={http://digilib.unimed.ac.id/11575/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA pada pokok bahasan perhitungan kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Sumbul, yang berjumlah 7 kelas dan setiap kelas terdiri dari 36 - 40 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas yang diambil secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah soal sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata gain kelas eksperimen (0,615) dan rata-rata gain kelas control (0,445). Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan uji t yaitu uji pihak kanan dan diperoleh thitung sebesar 5,059, sedangkan nilai ttabel sebesar 1,668 pada taraf signifikan α = 0,05 dan db = 74, sehingga thitung> ttabel, Maka Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA pada pokok bahasan perhitungan kimia.} }