@thesis{thesis, author={Laila and N }, title ={PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ALJABAR DI KELAS VII SMP NEGERI 11 MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014}, year={2014}, url={http://digilib.unimed.ac.id/12190/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) pada materi Aljabar di kelas VII SMP Negeri 11 Medan tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa/siswi kelas VII-1 dan VII-3 di SMP Negeri 11 Medan yang masing-masing berjumlah 35 orang. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada pada materi Aljabar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization). Prosedur dalam penelitian ini dimulai dari pelaksanaan siklus I dikelas VII-1 dan dilanjutkan dengan siklus II di kelas VII-3 untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa pada materi Aljabar. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I di kelas VII-1 sebanyak 35 orang siswa, terdapat 15 siswa (42,86%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 20 siswa (57,14%) belum tuntas dengan rata-rata kelas 61,14. Pada siklus II di kelas VII-3 sebanyak 35 orang siswa, terdapat 30 siswa (85,71%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 5 siswa (14,29%) belum tuntas dengan rata-rata kelas 73,43. Tingkat penguasaan siswa dari tes belajar II mencapai kriteria sedang, maka pembelajaran ini dikatakan telah tercapai.Dari tindakan, pengamatan dan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi Aljabar.} }