@thesis{thesis, author={Sahat and Siti Hanijah }, title ={PERBEDAAN KREATIVITAS MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI KELOMPOK DAN INDIVIDU PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 TANJUNG MORAWA T.A 2014/2015}, year={2015}, url={http://digilib.unimed.ac.id/12202/}, abstract={Penelitian ini dilakukan berdasarkan rendahnya kreativitas siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan kreativitas siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri kelompok dan model pembelajaran inkuiri individu di kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Morawa T.A 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Morawa T.A 2014/2015 yang terdiri dari 9 kelas paralel. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini dipilih secara acak, yaitu kelas VIII-1 sebanyak 25 orang sebagai kelas kontrol yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri individu dan kelas VIII-2 sebanyak 25 orang sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri kelompok. Nilai rata-rata hasil pretest siswa kelas eksperimen sebesar 8,24 dan nilai rata-rata hasil pretest siswa kelas kontrol sebesar 8,36. Dari uji homogenitas data posttest dengan menggunakan program SPSS 16.00 dari uji Levena Statistic diperoleh nilai signifikan sebesar 0.076 > 0.05 sehingga kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki varians yang sama atau dengan kata lain kedua kelas homogen.Nilai rata-rata hasil posttest kelas eksperimen sebesar 25,80 dan nilai rata-rata hasil posttest siswa kelas kontrol sebesar 22,80. Dan hasil analisis data posttest diperoleh nilai signifikan untuk kelas eksperimen sebesar 0.200 > 0.05 dan untuk kelas kontrol sebesar 0.088 > 0.05 sehingga dapat disimpulkan data posttest kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data posttest dengan menggunakan program SPSS 16.00 dari uji Levena Statistic diperoleh nilai signifikan sebesar 0.344 > 0.05 sehingga kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki varians yang sama atau dengan kata lain kedua kelas homogen. Setelah dilakukan uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel 2,21 > 1,671. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kreativitas antara siswa yang diberi pembelajaran inkuiri kelompok dengan pembelajaran inkuiri individu pada materi teorema pythagoras di kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Morawa T.A 2014/2015.} }