@thesis{thesis, author={Bangun and Sri }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI I KUALA TAHUN AJARAN 2013/2014}, year={2014}, url={http://digilib.unimed.ac.id/14074/}, abstract={Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri I Kuala. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X di SMA Negeri I Kuala Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri I Kuala pada Tahun Ajaran 2013/2014 dengan jumlah populasi 279 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 25% dari jumlah populasi yaitu sebesar 70 siswa yang merupakan hasil dari sampel acak sederhana yang terdiri dari 35 siswa pada kelas eksperimen dan 35 siswa pada kelas kontrol. Kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas X-B yang akan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching, dan yang menjadi kelas kontrol adalah kelas X-C yang akan menggunakan metode konvensional. Cara pengambilan data dengan memberikan pre-tes dan post-tes kepada siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, homogenitas dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t. Berdasarkan analisis data pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pre-tes sebesar 38,29 dengan standar deviasi 8,38 dan rata-rata pos-tes sebesar 81,71 dengan standar deviasi 8,90. Dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pre-tes sebesar 40 dengan standar deviasi 8,31 dan nilai rata-rata pos-tes pada kelas kontrol sebesar 70,71 dengan standar deviasi 9,63. Kedua data tersebut berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis penelitian yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 5,301 > 1,667 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang menyatakan ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri I Kuala Tahun Ajaran 2013/2014 dapat diterima.} }