@thesis{thesis, author={Rotua Rury and Saut M. }, title ={PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN MODEL PEMBELAJARAN LOTTERY CARD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IS SMA N 4 KISARAN T.P.2013/2014}, year={2014}, url={http://digilib.unimed.ac.id/14266/}, abstract={Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya Aktivitas Dan Hasil Belajar Akuntansi”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IS di SMA N 4 Kisaran melalui penerapan kolaborasi Model Pembelajaran Explicit Instruction Dengan Model Pembelajaran Lottery Card serta untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara siklus I dan siklus II. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 4 Kisaran T.P. 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS yang berjumlah 39 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan kolaborasi Model Pembelajaran Explicit Instruction Dengan Model Pembelajaran Lottery Card. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap Yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan 4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes untuk melihat hasil belajar akuntansi dan observasi untuk mengetahui aktivitas belajar akuntansi siswa. Sedangkan teknik analisis data adalah dengan data kuantitatif dan data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari hasil observasi mengenai aktivitas belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar dari siklus I ke siklus II. Hal ini terlihat dari aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat siswa yang aktif 8 orang (20,51%), sedangkan pada siklus II terdapat yang aktif 33 orang (84,61%), dan Peningkatan sebesar 64,10%. Sedangkan hasil tes yang dilaksanakan, terdapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 39 siswa siklus I hasil belajar akuntansi yang diperoleh 27 orang siswa (69,23%) yang tuntas dalam belajar. Pada siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa menjadi 35 (89,74%) siswa yang tuntas belajar. Jadi peningkatan pada siklus I ke siklus II sebesar 20,51%. Terdapat perbedaan yang signifikan antara siklus I dan siklus II dengan diperoleh nilai membandingkan t hitung dengan ttabel diperoleh t hitung > ttabel yaitu 10,095 > 2,02. Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulakan bahwa penerapan kolaborasi Model Pembelajaran Explicit Instruction Dengan Model Pembelajaran Lottery Card dapat meningkatkan akvitas dan hasil belajar siswa pada neraca saldo setelah penutupan dan jurnal pembalikdi kelas XI IS SMA N 4 Kisaran T.P. 2013/2014.} }