@thesis{thesis, author={Azhar and Lea Christianna }, title ={PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2014/201}, year={2015}, url={http://digilib.unimed.ac.id/15481/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kabanjahe sebanyak 320 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 40 orang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test. Instrumen yang digunkan adalah tes essai.Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-test = 65,38 standar deviasi = 13,37, dan termasuk kategori sangat baik sebanyak 2 siswa (5%), kategori baik sebanyak 10 siswa atau 25%, cukup sebanyak 19 siswa atau 47,5%, kategori kurang sebanyak 9 siswa atau 22,5% . Nilai rata-rata post-test 75,13, dengan standar deviasi 10,65 dan termaksud kategori sangat baik 2 siswa atau 5%, dan termaksud kategori baik sebanyak 22 siswa atau 55% dan kategori cukup sebanyak 14 siswa atau 35%, dan kategori kurang sebanyak 2 siswa atau 5%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatan dalam distribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas, maka diketahui t_0 sebesar 3,56 . Selanjutnya t_0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% dengan Dk = N-1, yakni 40-1, dari dk 39 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,02. Dengan demikian t_0 > t_tabel yakni 3,56 > 2,02 telah membuktikan bahwa hipotesis alternatif (H_a) diterima. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penerapan model inkuiri terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VII SMP N 2 Kabanjahe tahun pembelajaran 2014/2015.} }