@thesis{thesis, author={ and Salbiah }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KOTAPINANG TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015}, year={2015}, url={http://digilib.unimed.ac.id/15499/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi kompleks siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kotapinang tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini bejumlah 258 orang yang terdiri dari tujuh kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 40 orang diambil dengan teknik random sampling. Dari pengolahan data diperoleh hasil pretest dengan nilai rata-rata atau mean sebesar 63,25,standar deviasi = 6,85 , dan standar error = 1,097 yang termasuk kategori baik sebanyak 3 orang (7,5 %), kategori cukup sebanyak 28 orang (70%), dan kategori kurang sebanyak 9 orang (22,5%). Hasil postest diperoleh rata-rata atau mean sebesar 81 ,standar deviasi = 6,44 , dan standar error = 1,03 yang termasuk kategori sangat baik sebanyak 8 orang (20%), kategori baik sebanyak 27 orang (67,5%), dan kategori cukup sebanyak 5 orang (12,5%). Dari uji data hasil kelas pretest dan postest didapat dua hasil yang berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh to sebesar 11,83. Setelah to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t dengan taraf signifikan 5% dengan df = N-1= 40-1 = 39 dari df 40 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,02, karena to diperoleh thitung >ttabel yakni 11,83 > 2,02 maka hipotesis nihil (ditolak) dan hipotesis alternatif (diterima). Dapat disimpulkan bahwa, adanya pengaruh yang signifikan atas penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kotapinang Tahun Pembelajaran 2014/2015.} }