@thesis{thesis, author={DINA and SITI MASNAH }, title ={PENGEMBANGAN MEDIA BOOKLET PADA KOMPETENSI DASAR MENGGAMBAR MACAM - MACAM BAGIAN BUSANA SISWA KELAS X TATA BUSANA SMK NEGERI 1 BERINGIN}, year={2018}, url={http://digilib.unimed.ac.id/28713/}, abstract={Siti Masnah Siregar: Pengembangan Media Booklet Pada Kompetensi Dasar Menggambar Macam – Macam Bagian Busana Siswa Kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Beringin. Skripsi. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Medan. 2018 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifitasan media booket menggambar macam – macam bagian busana dalam membantu pembelajaran siswa kelas X Tata Busana pada mata pelajaran Menggambar Busana agar layak digunakan sebagai media pembelajaran mandiri untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian Research and Development (R&D). Langkah-langkah dalam mengembangkan media pembelajaran ini yaitu : (1) Tahap analisis; (2) Tahap pengumpulan data; (3) Tahap pengembangan; (4) Tahap validasi dan uji coba; (5) Tahap akhir produk media. Setelah menghasilkan produk berupa media booklet menggambar macam – macam bagian busana, kemudian diuji kelayakannya dengan melakukan validasi pada ahli materi dan ahli media. Pada tahap ini disimpulkan bahwa media booklet menggambar macam – macam bagian busana yang dikembangkan termasuk kedalam kategori “Sangat Baik” dan persentase hasil penilaian pada aspek kriteria penilaian materi (100%) “Sangat Baik”, aspek kualitas materi pembelajaran (93,75%) “Sangat Baik”. Pada ahli media dari aspek fungsi dan manfaat media (97,5%) “Sangat Baik”, aspek karakteristik tampilan media (92,5%) “Sangat Baik”, kemudian aspek keunggulan dan kemenarikan booklet (100%) “Sangat Baik”. Komentar dan saran dari hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media digunakan untuk merevisi produk. Lalu lanjut pada uji coba kelompok kecil dengan peresentase (79,5%) “Baik” dilakukan pada 5 siswa, hasil uji coba kelompok sedang (86,25%) “Baik” dilakukan pada 10 siswa, dan hasil uji coba kelompok besar (91,2%) “ Sangat Baik”yang dilakukan pada 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: Uji efektifitas siswa dengan persentase (95,48%) berada pada kualifikasi sangat baik dan uji efektifitas guru dengan persentase (98,1%) berada pada kualifikasi sangat baik; Ini membuktikan bahwa efektifitas media booklet menggambar macam – macam bagian busana yang dikembangkan sangat layak diterapkan dari hasil persentasi yang di capai.} }