@thesis{thesis, author={Enda Ribka Meganta and Zul }, title ={PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN THINK TALK WRITE (TTW) PADA MATERI KEKONGRUENAN DAN KESEBANGUNAN SEGITIGA BAGI SISWA KELAS IX SMP NEGERI 7 BINJAI T.A. 2017/2018}, year={2018}, url={http://digilib.unimed.ac.id/29718/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk melihat bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) lebih baik daripada model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) pada materi kekongruenan dan kesebangunan segitiga di kelas IX SMP Negeri 7 Binjai T.A 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX Semester I SMP N 7 Binjai yang terdiri dari 8 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 8 kelas secara acak yaitu kelas eksperimen A yaitu kelas IX-1 yang berjumlah 32 orang dan kelas eksperimen B yaitu kelas IX-8 yang berjumlah 32 orang. Penelitian ini menggunakan satu jenis instrumen yaitu post-test only yang digunakan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis yang telah divalidasi dalam bentuk uraian. Dari hasil penelitian yang diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen A dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelas eksperimen B dengan model pembelajaran kooperatif tipe TTW diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen A sebesar 78,683 dan nilai rata-rata kelas eksperimen B sebesar 71,875.Hasil uji t pihak kanan dengan dk = 62 dan  = 0,05, diperoleh thitung = 2,09 dan ttabel = 1,667 sehingga thitung > ttabel yaitu 2,09 >1,667 maka Ha diterima, dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematis menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi dari model pembelajaran kooperatif tipe TTW pada materi kekongruenan dan kesebangunan segitiga di kelas IX SMP Negeri 7 Binjai T.A 2017/2018.} }