@thesis{thesis, author={Irna Noviana and Rosita }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INTERACTION BERBANTUAN MEDIA JOBSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBUAT BUNGA MAWAR DARI LIMBAH KANTONG PLASTIK PADA SISWA KELAS XI SMA PERSATUAN AMAL BAKTI 8 SAENTIS}, year={2018}, url={http://digilib.unimed.ac.id/29743/}, abstract={Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui hasil belajar membuat bunga mawar dari limbah kantong plastik menggunakan model pembelajaran explicit intruction berbantuan media jobsheet pada siswa kelas XI SMA PAB 8 Saentis. 2) Untuk mengetahui hasil belajar membuat bunga mawar dari limbah kantong plastik menggunakan model pembelajaran konvensional berbantuan media jobsheet pada siswa kelas XI SMA PAB 8 Saentis. 3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran explicit intruction berbantuan media jobsheet pada siswa kelas XI SMA PAB 8 Saentis. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA PAB 8 Saentis sebanyak dua kelas dengan jumlah 64 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling yaitu sampel merupakan seluruh populasi kelas XI IPS. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar dalam penelitian ini menggunakan pengamatan pada pembuatan bunga mawar dari limbah kantong plastik. Teknik analisa data melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji kecenderungan dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan. Berdasarkan hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa hasil belajar membuat bunga mawar dari limbah kantong plastik menggunakan model pembelajaran explicit intruction berbantuan media jobsheet adalah berdistribusi normal dimana, Lhitung < Ltabel = 0,048 < 0,161 dan data hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional berbantuan media jobsheet berdistribusi normal, dimana Lhitung < Ltabel = 0,132 < 0,152 dan kedua varians data adalah homogen karena Fhitung < Ftabel yaitu 1,07 < 1.81 sehingga kedua kelas memiliki varians yang sama (homogen). Hasil analisa data diperoleh bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yaitu dari 30 orang yang diajar menggunakan model pembelajaran explicit intruction berbantuan media jobsheet menunjukkan nilai rata-rata 87,73 dengan hasil persentase sebesar 63,3% termasuk dalam kategori cenderung tinggi. Sedangkan hasil belajar kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional berbantuan media jobsheet dari 34 orang menunjukkan nilai rata-rata 72,35 dengan persentase 70,5% dalam kategori cenderung kurang. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran explicit intruction berbantuan media jobsheet menunjukkan bahwa nilai Thitung > Ttabel yaitu 15,85 > 1,67. Dilihat dari penelitian ini, hasil belajar membuat bunga mawar dari limbah kantong plastik lebih tinggi jika diajarkan menggunakan model pembelajaran explicit intruction berbantuan media jobsheet. Jadi terbukti ada pengaruh hasil belajar siswa antara yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran explicit intruction berbantuan media jobsheet dengan siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional berbantuan media jobsheet. Hal ini berarti bahwa penggunaan model pembelajaran explicit intruction berbantuan media jobsheet baik digunakan sebagai alternativ atau variasi dalam pembelajaran} }