@thesis{thesis, author={Esroni MT and Rachmat }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MENGGAMBAR TEKNIK DASAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR T.A. 2017/2018}, year={2018}, url={http://digilib.unimed.ac.id/29744/}, abstract={Hasil belajar menggambar teknik dasar masih kurang memuaskan dikarenakan dalam pembelajaran masih menggunakan metode komunikasi verbal yang hanya berpusat kepada guru, sehingga siswa menjadi pasif dan kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Guru dijadikan satu-satunya sumber informasi sehingga kegiatan pembelajaran berlangsung satu arah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran menggambar teknik dasar di SMK Negeri 2 Pematangsiantar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 2 Pematangsiantar T.A. 2017/2018, dengan 2 kelas yaitu kelas eksperimen 20 siswa dan kelas kontrol 24 siswa. Pengambilan sampel dengan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Think Pair Share pada kelas eksperimen dan model konvensional pada kelas kontrol. Pada uji instrument yang dilaksanakan dari 30 soal yang disebarkan di dapat soal yang valid sebanyak 25 soal dan 5 soal yang tidak valid. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran menggambar teknik dasar siswa kelas X program keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 2 Pematangsiantar T.A 2017/2018. Karena thitung > ttabel, maka Ha diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Pembelajaran Think Pair Share memberi pengaruh lebih tinggi terhadap hasil belajar Menggambar Teknik Dasar pada siswa kelas X Program Keahlian TGB di SMK Negeri 2 Pematangsiantar Tahun Pelajaran 2017/2018} }