@thesis{thesis, author={Kelpin and misgiya }, title ={ANALISIS KERAJINAN CANGKANG KERANG PADA KARYA SISWA KELAS X PMS( PEMINAT MATEMATIKA SAINS) DI SMA N 1 TANJUNG TIRAM KABUPATEN BATU BARA DITINJAU DARI PRINSIP-PRINSIP SENI RUPA}, year={2018}, url={http://digilib.unimed.ac.id/30363/}, abstract={Penelitian ini di latar belakangi untuk mendeskripsikan prinsip-prinsip seni rupa apakah prinsip-prinsip seni rupa sudah diterapkan yang terdapat pada kerajinan cangkang kerang pada karya siswa kelas X Pms (Peminat Matematika Sains) SMA N 1 Tanjung Tiram Kabupaten Batubara. rumusan masalah dalam penelitian ini berfokus pada karya kerajinan cankang kerang siswa dengan ditinjaunya prinsip-prinsip seni rupa. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh karya Kelas X Pms (Peminat Matematika Sains) SMA N 1 Tanjung Tiram Kabupaten Batubara dengan jumlah 144 siswa dari 4 kelas. Dalam penelitian ini penulis mengambil sampel 36 karya dengan menggunakan teknik random sampling. Alasan karna jumlah siswa yang terlalu banyak maka penulis membatasi sampel. Dalam hal ini penulis akan meneliti karya kerajinan cangkang kerang tersebut berdasarkan prinsip-prinsip seni rupa proporsi, keseimbangan, irama, keselarasan, dan kesatuan. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriftif kualitatif. Hasil peneltian menunjukan bahwa ada 36 karya kerajinan cangkang kerang yang terdiri dari berbagai jenis model/bentuk seperti bunga mawar, pohon kerang, tapak sirih, asbak rokok, dan kotak tisu. Analisis Kerajinan Cangkang Kerang Pada Karya Siswa Kelas X Pms ( Peminat Matematika Sains) SMA N 1 Tanjung Tiram di kecamatan tanjung tiram Kabupaten Batubara Ditinjau Dari Prinsip-Prinsip Seni rupamemperoleh jumlah nilai 2.931,74 dengan nilai rata-rata 81,43 dikategorikan baik. Berdasarkan nilai tertinggi pada aspek perinsip seni rupa yang diambil secara umum dari tim validator penilai yaitu proporsi dengan rata-rata 82,24 dengan kategori baik, selanjutnya pada prinsip keselarasan dengan rata-rata 81,64 dengan kategori baik,dan selanjutnya prinsip kesatuan dengan rata-rata 81,41 dengan kategori baik, dan selanjutnya prinsip irama dengan rata-rata 81,09 dengan kategori baik,dan yg terendah pada prinsip keseimbangan dengan rata-rata 78,94 dengan kategori baik. Maka hasil siswa secara umum sudah baik dan sudah mampu menerapkan prinsip-prinsip seni didalam pembuatan karya kerajinan cangkang kerang} }