@thesis{thesis, author={Bornok and SARAH WINDA AYU }, title ={PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP}, year={2018}, url={http://digilib.unimed.ac.id/32625/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang merupakan salah satu kemampuan esensial yang harus dikuasai siswa dalam mempelajari matematika dan kurang bervariasinya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru di dalam kelas. Penelitian ini digunakan untuk menjawab permasalahan pokok tentang bagaimana peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Penemuan Terbimbing di kelas IX-3 SMP Negeri 17 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperbaiki mutu pembelajaran di dalam kelas. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX-3 SMP Negeri 17 Medan yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran Penemuan Terbimbing di kelas IX-3 SMP Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, di mana pada akhir setiap siklus diberikan tes kemampuan pemahaman konsep matematis untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Berdasarkan hasil analisis data pada siklus I, diperoleh bahwa dari 30 siswa terdapat 17 siswa (56,67%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 13 siswa lainnya (43,33%) belum tuntas dengan nilai rata-rata kelas sebesar 63,3. Pada siklus II terdapat 25 siswa (83,33%) telah mencapai ketuntasan belajar sedangkan 5 siswa (16,67%) belum tuntas dengan rata-rata kelas 83,03. Tingkat kemampuan pemahaman konsep matematis yang diperoleh pada siklus II telah mencapai kategori tinggi, sehingga dapat dikatakan pembelajaran dengan menerapkan model Penemuan Terbimbing telah berhasil. Rata-rata kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I yang awalnya sebesar 82% menjadi 90% pada siklus II. Selain itu, nilai rata-rata aktivitas siswa pada saat mengikuti pelajaran juga mengalami perubahan menjadi mendekati waktu ideal dan tidak melewati toleransi batas waktu untuk setiap aspeknya. Berdasarkan uraian-uraian tersebut tersebut disimpukan bahwa telah terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Penemuan Terbimbing pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di kelas IX-3 SMP Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2018/2019.} }