@thesis{thesis, author={Anita and Julinda }, title ={PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BENDA KONKRET DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP PENGETAHUAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MANDIRI DI KECAMATAN SEI RAMPAH}, year={2018}, url={http://digilib.unimed.ac.id/34904/}, abstract={Permasalahan dalam penelitian ini adalah media pembelajarannya masih didominasi dengan media tiruan yang sesungguhnya belum sesuai dengan pembelajaran di PAUD, karena pembelajaran yang dilaksanakan di PAUD seperti layaknya pembelajaran anak sekolah dasar yang memfokuskan anak harus bisa calistung (baca, tulis, hitung). Pembelajarannya sama sekali tidak menggunakan media yang masih didominasi dengan media tiruan. Melainkan masih menggunakan metode ceramah. Ini akan membuat potensi yang ada dalam diri anak menjadi tidak berkembang secara optimal. Padahal pembelajaran di PAUD haruslah menggunakan media agar mempermudah anak dalam proses belajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan menggunakan quasi eksperimen design dengan bentuk The Randomized Posttest Only Control Group. Dengan sampel 11 anak pada kelas eksperimen dan 11 anak pada kelas kontrol dan total keseluruhan sampel adalah 22 orang anak. Dimana variabel bebas pada penelitian ini adalah penggunaan media benda konkret dengan pendekatan saintifik dan variabel terikat pada penelitian ini adalah pengetahuan anak usia 5-6 tahun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa anak yang diberi perlakuan menggunakan media benda konkret dengan pendekatan saintifik memiliki ratarata 48,36 berada dalam klasifikasi B (baik). Dan yang diberi perlakuan menggunakan media cetak gambar dengan pendekatan saintifik memiliki rata-rata 42,72 berada dalam klasifikasi C (cukup baik). Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai t hitung = 2,52. Nilai ini dibandingkan dengan nilai ttabel dengan dk = (n1 + n2) ? 2 = 20;} }