@thesis{thesis, author={SIRAIT APRINA}, title ={PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS DRAMA BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS XI SMA METHODIST 12 MEDAN}, year={2019}, url={http://digilib.unimed.ac.id/37539/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berbasis masalah pada materi teks dramauntuk Kelas XI SMA Methodist 12 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalahmetode penelitian dan pengembangan Research and Development yang mengacu pada model Borg and Gall. Tahapan pengembangan adalah fase studi awal, pengembangan produk awal, dan uji coba produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi materi termasuk kelayakan isi dengan rata-rata 90,6% dengan kategori sangat baik, kelayakan Penyajian dengan rata-rata 92,3% dengan kategori sangat baik, dan penilaian aspek bahasa dengan rata-rata 87,5% dengan kategori sangat baik. Uji coba produk dilakukan dalam tiga tahap: pengujian individual, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan terbatas. Uji coba individu dengan rata-rata 86 % dengan kategori sangat baik, uji coba kelompok kecil dengan rata-rata 87,4% dengan kategori sangat baik, dan uji coba lapangan terbatas dengan rata-rata 88,3% dengan kategori sangat baik. Efektivitas bahan ajar diperoleh melalui hasil belajar siswa pada pretest dan posttest. skor rata-rata pada pretest 52 dan pada posttest76. Hal ini membuktikan bahwa bahan ajar teks drama berbasis masalah layak, mudah, dan efektif untuk digunakan pada siswa kelas XI SMA Methodist 12 Medan. Penelitian ini berimpilkasi dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia yaitu bahan ajar berbasis masalah yang dikembangkan memberi sumbangan praktis terutama dalam pelaksanaan proses pembelajaran bagi guru, bahan ajar berupa modul ini dapat menjadi bahan ajar tambahan untuk memberikan kemudahan dalam menyampaikan materi teks drama yang diajarkan, memperkaya dan menambah pengetahuan siswa tentang teks drama sehingga pembelajaran akan lebih menarik dan memotivasi siswa, melatih siswa belajar mandiri.} }