@thesis{thesis, author={BENI and Sabani }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR INDUKTIF DENGAN MENGGUNAKAN MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK ELASTISITAS & HUKUM HOOKE KELAS XI SEMESTER I MAN 3 MEDAN T.P. 2019/2020}, year={2019}, url={http://digilib.unimed.ac.id/38360/}, abstract={Penelitian dengan judul Pengaruh Model Pembelajaran Berpikir Induktif Menggunakan Mind Mapping Terhadap Pemahaman Peserta Didik Pada Materi Pokok Elastisitas dan Hukum Hooke Kelas XI Semester I Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan T.P. 2019/2020 bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep peserta didik menggunakan model pembelajaran berpikir induktif dengan menggunakan Mind Mapping dan pembelajaran konvensional.. Jenis penelitian adalah Quasi Experiment dengan pengambilan sampel dilakukan secara Class Random Sampling dengan mengambil 2 kelas dari 6 kelas yang ada dan yang menjadi sampel adalah kelas XI-MIA 5 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-MIA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan pada penelitian yaitu tes pemahaman konsep peserta didik yang di validasi oleh validator. Analisa data untuk pemahaman konsep peserta didik kelas eksperimen diperoleh rata-rata Pretest 35,20 dan Postest 79,57. Kelas kontrol diperoleh rata-rata Pretest 32,26 dan Postest 63,87. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel (6,79 > 1,67) sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran berpikir induktif dengan menggunakan Mind Mapping terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi pokok elastisitas dan hukum Hooke kelas XI semester I Madrasah Aliyah Negeri 3 Medan T.P. 2019/2020. Rata-rata nilai aktivitas peserta didik di kelas eksperimen diproleh 71,72% dengan kategori aktif, sedangkan rata-rata nilai Peserta didik dalam pembuatan Mind Mapping diperoleh 80,16% dengan kategori baik.} }