@thesis{thesis, author={Bornok and Elmanani and Rian }, title ={Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Posing Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis dan Self Efficacy Siswa SMP Negeri 2 Bangkinang Kota}, year={2019}, url={http://digilib.unimed.ac.id/38912/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran problem posing, (2) peningkatan self efficacy siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran problem posing, (3) efektivitas perangkat pembelajaran problem posing yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy siswa, dan (4) kepraktisan perangkat pembelajaran problem posing yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis dan self-efficacy siswa. Pengembangan perangkat pembelajaran berorientasi model pembelajaran berbasis masalah ini menggunakan model pengembangan 4-D. Tahapan penelitian ini adalah define, design, develop, dan disseminate. Subjek dalam penelitian inii adalah siswa kelas VIII-1 dan VIII-2 SMP Negeri 2 Bangkinang Kota. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: (1) terdapat peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa pada posttest uji coba I dan uji coba II sebesar 7 point, (2) terdapat peningkatan rata-rata self-efficacy siswa pada angket uji coba I dan uji coba II sebesar 0,19 point, (3) validitas perangkat pembelajaran menurut tim ahli adalah valid, dan keefektifan perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria efektif ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian tujuan pembelajaran; c) respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran positif, (4) kepraktisan perangkat pembelajaran telah memenuhi kriteria praktis ditinjau dari: a) validator menyatakan perangkat pembelajarandapat digunakan revisi kecil; b) hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah dapat dikatakan baik} }