@thesis{thesis, author={ and Luciana and Reh Bungana }, title ={Pengaruh Model Project Based Learning Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar PPKn Di Kelas IV SD Negeri 106163 Percut Sei Tuan}, year={2021}, url={http://digilib.unimed.ac.id/42081/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan model project based learning dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung; (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar PPKn siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dibandingkan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah; (3) Mengetahui interaksi antara model project based learningdan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa di SD Negeri 106163 Percut Sei Tuan.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Negeri 106163 Percut Sei Tuan yang berjumlah 50 orang. Kelas IV/a sebanyak 25 siswa dan IV/b sebanyak 25 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner motivasi belajar dan instrumen tes hasil belajar PPKn.Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji Two Way Anova. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan model project based learning lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar PPKn siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung (Fhitung = 23,476 dan nilai sig. 0,000 > 0,05); (2) Hasil belajar PPKn siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar PPKn siswa yang memiliki motivasi belajar rendah (Fhitung = 7,673 dan nilai sig. 0,008 > 0,05); (3) Terdapat interaksi antara model project based learning dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar PPKn siswa (Fhitung = 13,003 dan nilai sig. 0,001> 0,05).} }